Kuliner Jogja Mie Des Legendaris Bu Yanti Berdiri Sejak 1982

Kuliner Jogja Mie Des Legendaris Bu Yanti Berdiri Sejak 1982

Yogyakarta adalah salah satu kota yang terkenal kaya akan kuliner khas jawa yang masih lestari hingga saat ini melalui proses pewarisan secara turun temurun. Berbicara soal kuliner di kota ini, tidak akan pernah ada habisnya karna jenis dan cita rasanya sangat beraneka ragam. Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan salah satu kuliner legendaris di Jogja. Mie des Legendaris Bu Yanti ini sudah terkenal sejak tahun 1982, lokasinya terletak di Monggang Srihardono Pundong Bantul Yogyakarta. Mie des atau Mie Pedes Bu Yanti merupakan salah satu pelopor mie berbahan dasar ketela pertama di Indonesia, selain itu mie rajangan yang berbentuk kotak dan panjang ini merupakan inovasi Ibu kandungnya sejak tahun 1965 atau pada masa G30S/PKI. Nah, pasti teman – teman sudah semakin penasaran kan tentang apa yang membuat Mie Des Bu Yanti ini legendaris ? Yuk kita simak hasil wawancara kami kepada Bu Yanti pada hari Ahad, 3 Mei 2021 lalu.

Sejarah Mie Des Legendaris Bu Yanti

Mie Des legendaris
Photo via: Mengimla

Generasi pertama pelopor Mie Des adalah Ibu kandung dari Bu Yanti. Sang ibu mulai menjual Mie Des tersebut sejak tahun 1965. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan penjualan sempat berhenti. Pada tahun 1982, Bu Yanti menjual Mie Des dengan resep ibudanya. Awalnya peminat mie legendaris buatan Bu Yanti ini hanyalah penduduk sekitar Pundong saja. Namun saat ini peminatnya sudah meluas ke seluruh Nusantara.Hal tersebut menjadi faktor lokasi penjualan yang awalnya hanya merupakan rumah sederhana, kini menjadi rumah makan yang luas dan asyik untuk kongkow bersama keluarga, rekan kerja hingga teman sekolah ataupun kuliah.

Pada awal kembali berdiri, penjualan Mie Des tersebut hanya  dibandrol dengan harga Rp 2000 – Rp 5000 saja per porsi. Seiring berkembangnya zaman dan harga bahan baku yang naik menu di Mie Des Bu Yanti ini semakin lengkap dengan harga yang sangat terjangkau untuk makanan legendaris yang sangat otentik di lidah ini. Untuk Mie Des Godok atau Goreng porsi normal dibandrol dengan harga Rp. 9000 saja, lalu untuk porsi jumbo bisa kita nikmati hanya dengan Rp 12.000. Selain Mie Des kini telah hadir menu baru dengan rasa yang khas juga yaitu Mie Reborn dan Nasi Goreng yang harganya Cuma Rp 12.000 saja. Menurut kami harga yang ditawarkan oleh masakan bersejarah ini sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Terakhir karna namanya Mie Des dan sudah pasti pedas, kalian tidak perlu khawatir di Mie Des Bu Yanti kita bisa memesan beragam minuman dingin atau hangat dengan harga Rp 3000 saja.

Fakta Unik

Berbicara soal fakta Unik dari Mie Des Bu Yanti tidak akan pernah ada habisnya karna setiap pengunjung bisa merasakan berbagai keunikan yang berbeda. Tapi ada beberapa hal unik yang dapat kami simpulkan. Pertama, Cita rasa legendaris tersebut bersifat ” Tanganan” atau beda tangan beda rasa walaupun takaran dan racikan bumbunya sama. Koki handal dari Mie Des ini hanya 2 yaitu Bu Yanti dan Anak laki – lakinya sedangkan jikalau di masak oleh orang lain biasanya rasa legendarisnya sedikit berubah. Kedua, yang paling khas dari Mie Des Bu Yanti adalah bumbunya menggunakan takaran rahasia yang berbeda dari Mie Des pada umumnya bahkan nyaris tidak ada yang bisa menyamai. Ketiga, sambal yang digunakan adalah sambal kering jadi kebayang kan bagaimana rasa pedasnya nyelekit dan nempel terus di lidah.

BACA JUGA: Kritik Pancasila, Relevankah?

Terakhir, lokasi Mie Des Bu Yanti ini tidak di pinggir jalan strategis atau ditengah kota melainkan berada di dalam desa dan pinggir sawah. Walaupun akses menuju lokasi banyak belokan tetap saja tempat ini ramai setiap malam bahkan kita harus menunggu sekitar 1 jam sampai menu yang kita pesan jadi. Tapi jangan khawatir lokasi rumah makan ini sangat asri kita bisa menikmati udara desa yang sejuk dan dilengkapi dengan wifi, bahkan beberapa bulan ini sudah ada odong – odong gratis untuk anak – anak. Jadi, kami jamin kita tidak akan bosan menunggu.

Cara Memasak

Setelah fakta unik, pasti kalian penasaran bagaimana cara memasak menu legendaris ini?. Kami merangkum cara memasak Mie Des Godok Bu Yanti dari tayangan Hitam Putih Trans 7 pada 21 November 2019 lalu.

Sumber Gambar https://www.youtube.com/watch?v=eMlp0VzFDFo

Cara Masak Mie Des Godok untuk 5 Porsi

  1. Siapkan Minyak goreng, lalu gorenglah minyak secukupnya menggunakan wajan.
  2. Setelah minyaknya cukup panas, masukkan  ebi 3 sdt
  3. Tambahkan 5 buah telur ayam sambil dioseng atau diaduk
  4. Masukkan Bumbu ( Rahasia ) sebagai alternatif kita bisa menggunakan 1 sachet royco, 2 biji kemiri, 4 siung bawang putih dan mrica secukupnya
  5. Masukkan cabe kering dan 3 sdt micin lalu dioseng kembali
  6. Setelah merata, potong tomat dengan ukuran sedang dan masukkan ke olahan tadi
  7. Masukkan air hangat secukupnya dan Tunggu hingga mendidih
  8. Masukkan kol yang sudah di rajang panjang – panjang dan daun bawang
  9. Tunggu sampai mendidih lalu masukkan Mie ke wajan
  10. Kemudian di aduk terus hingga mendidih.
  11. Setelah jadi, sajikan di mangkok atau piring dan taburi daun seledri diatasnya.

Dampak Pandemi Covid – 19

Setelah beberapa tahun berdiri, kini Mie Des Bu Yanti sudah memiliki 3 cabang di daerah Yogyakarta yaitu dikawasan Jl. Gejayan, Jl. Srandakan dan Jl. Cokroaminoto. Usaha yang awalnya dibangun untuk pertahanan keluarga kini telah membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Pada umumnya dalam sehari ada 300 porsi yang terjual, namun sejak PSBB pada masa Covid – 19 usaha ini mengalami penurunan 30% walaupun pada awal pandemi masih sempat bisa bertahan. Nah, berikut yang dapat kami tulis mengenai Mie Des Legendaris Bu Yanti yang terkenal sejak 1982. Bagi teman – teman pecinta kuliner yang ingin merasakan masakan asli dari tangan sang pelopor bisa langsung mengungjungi pusat rumah makan ini yang berada di Pundong, Bantul , Yogyakarta. Yuk bersama kita dukung Kuliner Nusantara dan Selamat Mencoba !

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.