Musik Dunia Pemersatu Bangsa

Musik dalam KBBI berarti  (1) ini atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan keseimbangan, (2) nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian itu).

Bagi sebagian orang musik adalah satu hobi (kesenangan) yang melengkapi hidup. Musik dipakai sebagai sarana untuk menyalurkan emosi dan rasa. Rasa sedih, bertemu musik. Sedang kecewa, diluapkan dalam musik. Sedang sangat rindu, berteman dengan musik. Bahkan ketika sedang sangat berharap, musik dijadikan satu sarana untuk melengkapi peribadatan. Musik menjadi warna dan hiburan tersendiri dalam lini kehidupan.

Musik oleh sebagian kalangan tidak hanya berhenti sebagai sarana mengekspresikan diri. Musik hadir lebih dari sekedar gaya. Tidak sedikit kita tahu adanya musisi yang memang menggantung diri dari bermusik. Artinya, musik dipakai sebagai media untuk mencari nafkah. Sebut saja pencipta lagu, komposer, produser pula musisi.

Musik hadir memenuhi belahan dunia. Setiap negara bahkan punya ciri musiknya masing-masing. Bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh kultur budaya masing-masing wilayah.
Kita tahu, setiap negara merdeka bahkan punya lagu kebangsaan. Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Indonesia.

Sejarah Musik Dunia

Merunut sejarah perkembangan musik telah terjadi sejak zaman purbakala. Kala itu musik hadir sebagai pelengkap dalam menjalankan ritual-ritual atau semacam pengiring dalam upacara-upacara peribadatan. Perkembangan musik terus berlanjut ke abad pertengahan. Pada abad dimana Romawi mulai mengalami kemunduran, musik justru berkembang oleh sebab ditemukannya kemajuan dalam bidang kehidupan. Tokoh yang cukup santer pada masa ini adalah Gullanme Dufay dari Prancis dan Adam de la halle dari Jerman.

Pada abad Renaisans dimana dikenal juga dengan abad kebangkitan, musik kembali mendapatkan pengaruh dan mengalami perkembangan. Pada masa ini mulai mengenal musik dengan bercirikan nuansa percintaan dan perjuangan. Musik yang awalnya identik dengan ritual gereja justru mengalami kemunduran. Perkembangan sains dan teknologi pada masa ini cukup meningkat begitu pun dengan musik. Awal kemunculan piano dan organ dimulai pada masa ini. Inilah cikal bakal lahirnya musik instrumental. Giovanni Gabrieli (1557 – 1612) dari Italia, Galilei (1533 – 1591) dari Italia, Claudio Monteverdi (1567 – 1643) dari Venesia, Jean Baptiste Lully (1632 – 1687) dari Prancis, mereka adalah tokoh-tokoh musik pada masa renaisans.

Di abad pertengahan kembali dikenal jenis aliran musik baru yaitu Barok dan Rokoko. Setelah zaman ini berakhir maka dimulailah era musik klasik yang juga masih dikenal sampai saat ini. Musik klasik dimulai sejak tahun 1750.

Sejarah musik tidak hanya berhenti sebagai sarana hiburan. Musik juga ikut andil dalam perayaan-perayaan kenegaraan. Musik dekat dengan budaya. Musik sebagai penyemangat dalam event olahraga. Musik juga dikenal sebagai media perdamaian. Musik sebagai pemersatu bangsa.

Jangan lupa ikut lomba cover lagu.

Related Post

Agama dan Krisis Toleransi

Agama dan Krisis Toleransi

Agamamu apa? Suka heran sama orang-orang yang suka menanyakan “kakak agamanya apa?”, “Mukanya Kristen”, “kalau…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *