Peran Duta Damai Dalam Keutuhan NKRI

Seperti kita ketahui bahwa Peran generasi muda sangatlah besar dan dibutuhkan untuk keutuhan NKRI. Di tangan generasi muda inilah juga Masa depan Bangsa Indonesia ditentukan. Generasi muda tak terkecuali mulai dari pelajar sampai dengan eksekutif muda merupakan orang-orang andalan Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa, juga dalam mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Menilik sejarah, peran orang-orang muda ini sangatlah penting mulai dari pra kemerdekaan sampai dengan pasca kemerdekaan. Di tangan pemuda inilah negara Indonesia dibangun. Dari masa lalu pula kita tahu pemuda adalah pilar dan motor penggerak bagi kemerdekaan dan kemajuan bangsa, sekaligus benteng terkuat dalam mencegah gempuran dan rongrongan dari pihak yang ingin menghancurkan dasar negara.

Hal inilah yang ditangkap oleh generasi muda yang tergabung dalam Duta Damai. Duta Damai yang dibentuk oleh BNPT ini memiliki tanggung jawab untuk menyuarakan semangat nasionalise untuk tetap konsisten dalam keikut sertaan setiap generasi muda dalam menjaga keutuhan negeri ini.

Saat ini yang menjadi keprihatinan kita semua adalah isu tentang paham radikalisme dan terorisme. Kegiatan radikalisme dan terorisme sudah semakin nyata dalam memecah belah kita sebagai bangsa yang bersatu.

Terkait dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin cepat dan nota bene dekat dengan generasi muda, dibutuhkan agen-agen perdamaian yang juga menguasai teknologi dan dunia maya untuk dapat berperan aktif mencegah penyebaran paham radikal dan terorisme yang dapat mengancam keutuhan Pancasila.

Saat ini kegiatan penyebaran isu dan propaganda radikalisme sudah menggunakan media Internet untuk menyasar semua lini pengguna dunia maya. Seperti yang pernah dikatakan oleh tito carnavian bahwa “Penggunaan internet oleh jaringan terorisme cukup intens penyebarannya, hal menjadikan agak sulit untuk dideteksi. Maka untuk melawannya dibutuhkan melalui kemampuan para duta damai yang melek teknologi ini sebagai penangkalnya”

Para pemuda Duta Damai ini dengan pasti dan mantab bergerak dalam menangkal setiap isu radikalisme dan terorisme serta menyebarkan pesan perdamain lewat dunia maya. Disinilah Duta damai ikut ambil peranan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Mengapa Duta Damai yang nota bene berisi para generasi muda ? Pemuda masih memiliki energi yang besar, jiwa, semangat, dan ide-ide brilian untuk menjadikan Bumi Pertiwi menjadi tempat yang lebih baik lagi. Mereka inilah juga orang-orang yang pasti memiiki pemikiran-pemikiran yang visioner untuk kemajuan Indonesia.

Hal inilah yang dibutuhkan oleh negara untuk dapat mewariskan semangat perdamaian dan nasionalisme ke seluruh bangsa Indonesia terutama penggiat dunia maya agar tidak terpengaruh paham radikalisme dan terorisme.

Nasionalisme harusnya tertanam didalam diri setiap generasi muda untuk dapat menyikapi setiap perkembangan zaman dan ikut berperan aktif dalam rangka membangun Indonesia yang kuat, bersatu dan damai walaupun berbeda agama, suku dan kebudayaan. Menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan persaudaraan sehingga  perpecahan dan perselisihan antar Agama, suku, Ras dan budaya dapat dihindari.

Related Post

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *