Duta Damai Yogyakarta Rayakan Ulang Tahun yang Ke-6

Duta Damai Yogyakarta

Duta Damai Yogyakarta Rayakan Ulang Tahun yang Ke-6

 

Duta Damai Yogyakarta mengadakan kegiatan dalam rangka perayaan ulang tahunnya yang ke-6 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai sabtu, 23 Juli 2022 hingga Minggu, 24 Juli 2022 di Desa Wisata Garongan, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan bertajuk “6th Anniversary Duta Damai Yogyakarta” ini mengusung tema “Bonding-Refreshing-Healing” dan diikuti oleh 30 anggota Duta Damai Yogyakarta dari berbagai generasi. Kata bonding secara bahasa berarti ikatan, harapannya melalui kegiatan ini dapat semakin merekatkan ikatan kekeluargaan dan keakraban antar anggota.

BACA JUGA: Budaya Pertunjukkan Teater Bawang dan Geguritan.

Duta Damai Yogyakarta Jalin Bonding-Refreshing-Healing

Sebagaimana disampaikan oleh ketua panitia Rochmatul Mala, dalam sambutannya “Diadakannya acara Anniversary ini adalah untuk mem-bonding kembali teman-teman anggota Duta Damai setelah sebelumnya mungkin jarang bertemu secara langsung karena alasan tertentu untuk bisa saling bertemu dan berkumpul kembali,”.

Setelah pembukaan, diadakan sesi nostalgia napak tilas perjalanan organisasi yang diisi oleh para koordinator-koordinator sebelumnya hingga koordinator saat ini. Menceritakan bagaimana Duta Damai Yogyakarta dari awal terbentuknya dan perjalanannya sampai saat ini, beserta suka-dukanya, hingga kegiatan-kegiatan yang pernah di lakukan. Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng dan api unggun.

Pada Minggu pagi, acara dilanjutkan dengan kegiatan outbond yang berisi berbagai games dan wahana yang mengandalkan fisik, pikiran, dan kekompakan. Kegiatan outbond ini dapat dikatakan sebagai sarana refreshing, Hal ini dapat dilihat dari para peserta tampak yang bahagia dan menikmati setiap permainan dan wahana yang ada.

Sesuai dengan tema kedua, Refreshing berarti menyegarkan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menyegarkan kembali kondisi tubuh dan dipikirkan setelah padatnya  aktivitas yang menguras banyak tenaga dan pikiran, sehingga kondisi tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dengan cara menghibur diri.

BACA JUGA: Aksi Nyentrik Pak Ogah di Persimpangan Jalan Jogja

Duta Damai Yogyakarta
Duta Damai Yogyakarta Rayakan Ulang Tahun ke-6

Kemudian terakhir adalah healing, istilah yang akhir ini menjadi tren di kalangan masyarakat. Kata healing berarti menyembuhkan, penyembuhan yang dimaksud adalah berkaitan dengan suasana hati atau lebih mengarah kepada emosional seseorang yang merasakan kesedihan. Saat ini, healing identik dengan bepergian atau berlibur ke tempat indah.

Pemilihan Desa Wisata Garongan sebagai lokasi acara perayaan ulang tahun ini sesuai untuk healing para peserta. Pemandangan alam khas pegunungan Merapi yang indah dan sejuk serta suasana tenang dengan banyaknya perairan, dapat menjadikan suasana hati menjadi lebih tenang dan meningkatkan aura positif dari diri setiap peserta.

Dengan ikatan kekeluargaan yang kuat, fisik dan pikiran yang segar, serta suasana hati yang baik, melalui momen ulang tahun yang keenam ini, diharapkan kedepannya Duta Damai Yogyakarta akan semakin solid dan kompak dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian. Kegiatan ini ditutup setelah sesi makan siang oleh ketua panitia, sekaligus pembagian hadiah pemenang games.

Editor: Bennartho Denys

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.