free page hit counter

Konten Optimal, Cuan Maksimal!

Konten Optimal, Cuan Maksimal!

Contents

The Nest Tretes, Senin 29 Juli 2024

Kesempatan yang berharga bisa berbagi pengalaman dalam Pelatihan dan Rekrutmen Guide Lokal The Nest Tretes. Bertempat The Nest Park (NEPA), Taman Wisata Alam Tretes, Pasuruan, Jawa Timur. Kali ini temanya tentang optimasi konten di area hutan The Nest Park. Salah satu tempat educational forest di Jawa Timur.

Sebelum mengisi pelatihan, ngobrol bareng Bang Boim biasa saya memanggilnya biasa menulis di iariadi.web.id. Kami mengenal sejak di Duta Damai Yogyakarta, Bang Boim angkatan 2016, sedangkan saya angkatan 2018.

Bang Boim lah yang mengajak saya untuk berbagi dalam Pelatihan dan Rekrutmen Guide Lokal The Nest Tretes. Setelah kegiatan Hari Anak Nasional di Jogja, langsung berangkat dengan Kereta Api menuju Stasiun Bangil. Sesampainya di Stasiun Bangil pukul 01.00 WIB dini hari, di jemput Bang Boim dan langsung menuju The Nest Tretes.

Sekitar 25 menit sampai dan langsung istirahat di kamar kekinian biasa di sebut dengan Glamping yang sangat keren dan indah dengan kamar mandi beratap hutan pinus tretes.

MUDAHNYA JADI KONTEN KREATOR

Terdapat 2 materi yang saya sampaikan di pagi hari yakni tentang Konten Kreator. Dan pada siang hari dengan materi Digital Marketing. Saya awali dengan Pre Test sejauh mana teman-teman mengenal tentang Konten Kreator lewat Quizizz.com.

Selanjutnya saya berbagi mengenai konten yang saya sajikan di Instagram, Tiktok, Facebook, dan Youtube, selama kurang lebih 5 tahun membuat bahan postingan di media sosial. Kemudian presentasi dengan Quizizz.com. Dengan materi tentang mindset serta karakteristik seorang kreator, agar membuat konten yang positif sembari di selingi dengan games agar tidak bosan.

Baca Juga tentang Sanggar Taman Mraen Mimpi

Di lanjutkan dengan beberapa praktek untuk mengenal diri sendiri tentang sifat dan potensi. Termasuk mengenai potensi keahlian dan kemampuan masing-masing individu. Sesi materi Konten Kreator berakhir dengan praktek membuat konten gambar dengan cepat menggunakan AI atau Artificial Intelligence.

Para peserta sangat antusias dengan sesi praktek menggunakan AI ini, karena hampir semua baru mengenal dan saat mencoba cukup mudah di aplikasikan.

OPTIMALISASI KONTEN

Pada siang hari setelah istirahat, sholat dan makan siang, materi di lanjutkan. Masih dengan metode yang awal yakni presentasi menggunakan Quizizz.com agar interaktif. Materi mengenalkan tentang Digital Marketing secara dasar hingga mengerucut kepada SMO atau Social Media Optimization.

Karena fokus materi ini setelah membuat konten, para peserta harapannya dapat mengoptimalkan kontennya. Dilanjutkan dengan cara sederhana dalam mengoptimalkan konten di berbagai Media Sosial dari caption hingga memanfaatkan semua fitur yang ada di Media Sosial.

Pengenalan optimalisasi Media Sosial secara digital dan manual atau gratis kepada para peserta. Termasuk tentang ads atau iklan di berbagai Media Sosial. Agar dapat mengetahui mana yang cocok untuk optimalisasi konten mereka menggunakan optimalisasi secara digital atau manual.

Di akhiri dengan praktek membuat bahan postingan serta mengoptimalkannya. Hasilnya mereka posting pada dua Media Sosial yang paling sering peserta gunakan. Dengan menganalisa hasil 24 jam setelah membuat posting di dua Media Sosial yang berbeda dibandingkan sebelum membuat konten.

Dari hasil pengamatan para peserta, hampir semua belum membuat secara konsisten dan keberlanjutan. Setelah hampir 2 minggu saya mengikuti media sosial para peserta hanya 1 peserta yang hingga hari ini membuat secara konsisten lewat Instagram. Semoga kedepannya mereka dapat konsisten serta dapat menganalisa konten hingga bisa monetisasi.

Share this post

Comment (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *