Webinar Akademi Pemuda Indonesia

Akademi Pemuda

Webinar Akademi Pemuda Indonesia

Webinar Akademi Pemuda Indonesia

Yayasan Hasnur Centre telah resmi membuka acara Akademi Pemuda Indonesia (API). Pembukaan melalui media online dengan beberapa sesi. Pada sesi pagi hari ada 3 pemateri yang akan mengisi webinar Akademi Pemuda Indonesia. Narasumber atau pemateri tersebut adalah DR. Zulfikar Alimuddin (Direktur Eksekutif Yayasan Hasnur Centre), Angelo Wijaya (UNFPA Youth Advisory Panel), dan Alia Laksono (dari Staf Khusus Bidang Kreatifitas dan Inovasi Kaum Milenial Kemenpora RI). Acara berlangsung pada hari Sabtu, 25 September 2021 dari pukul 09.00-10.30.

Dalam pembukaan sesi webinar ini banyak membahas dan mengulik terkait kepemudaan. Juga terkait tantangan yang menghadang pemuda milenial, cara untuk turut berkontribusi, dan isu-isu terkait challenge pemuda yang sangat relevan pada saat ini.

Akademi Pemuda

Pemuda memang seharusnya dapat aktif berkontribusi untuk negeri. Bagaimana caranya atau dengan apa? Ternyata banyak sekali jalan jika ingin memilih. Angelo Wijaya mengatakan bahwa pemuda itu harus berani dan berpartisipasi aktif untuk menyelesaikan beragam permasalahan. Begitu juga dalam mengambil kebijakan publik. Karena pemudalah yang nantinya akan turut menentukan masa depan bangsa.

Tantangan Bagi Akademi Pemuda

Berikut ini isu pemuda yang cukup menantang, atau biasa kita kenal dengan Challenge Ahaed:

  • Industri 4.0. Pada tahap ini Indonesia akan kehilangan digital talent di 2030 nantinya
  • Planet. Perubahan iklim 1.5 derajat celcius
  • Equarty. Kesetaraan, karena Covd-19 inilah akan melebarkan jurang kemiskinan
  • Inclusion Policy. Semakin hari kepercayaan kepada pemerintah rendah (under 55 persen)

Maka daripada itu, pemuda hendaknya memiliki sifat kritis terhadap berbagai kebijakan publik dan turut menyuarakan keresahannya. Namun demikian, pemecahan masalah juga menjadi poin yang sangat penting.

Lalu bagaimana supaya bisa turut andil dalam memecahkan permasalahan dan berpartisipasi aktif untuk berkontribusi kepada bangsa? Berikut beberapa tips versi dari Angelo Wijaya:

How You Can Contribute :

  • Critical Thinking, Awarnees

Ini menjadi pokok paling utama dari seorang pemuda, yaitu untuk dapat bersikap dan berpikir kritis terhadap segala fenomena yang terjadi. Tidak mem-forward atau asal membagikan, men-share berita maupun informasi yang masuk secara langsung. Namun hendaklah crosheck terlebih dahulu supaya tidak tersebarnya hoaks secara luas.

  • Bergabung dengan organisasi-organisasi pemuda

Jadikan tempat ini sebagai tumbuh dan berkembangnya diri Anda supaya dapat menjadi pribadi yang kritis, aktif, dan berkontributif secara nyata. Milikilah circle positif yang dapat menunjang keberhasilan minat dan tujuan Anda.

  • Publicy Policy

Dapat sekiranya menyuarakan keprihatinannya melalui suatu forum publik, diskusi-diskusi, maupun di suatu forum ilmiah.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *