Makna Silaturahmi Online di Tengah Pandemi

Makna Silaturahmi Online di Tengah Pandemi

Hai Sobat Damai bagaimana kabarnya? Tidak terasa ya, sebentar lagi kita akan meninggalkan bulan Ramadan. Gimana nih puasa sebulan ini ? Semoga ibadah kita dapat membawa keberkahan dan kebermanfaatan ya. Nah, seperti biasa kita selalu menantikan tradisi mudik ke kampung halaman. Setelah bekerja, akhirnya bisa cuti untuk melepas rindu pulang ke kampung halaman menemui orang tua dan sanak saudara. Namun, sayangnya di tahun 2021 ini sama seperti tahun 2020 yaitu adanya pemberlakuan larangan mudik oleh pemerintah. Setelah mudik, biasanya kita akan silaturahmi, meskipun pada tahun ini hanya melalui online.

Walaupun rasanya sedih, tetapi hal ini demi kebaikan bersama kok. Nah, tapi kalau kangen kampung halaman gimana tuh ? Jangan khawatir ya. Di zaman yang semakin modern ini, kita bisa memanfaatkan teknologi bukan hanya untuk sekolah online, tetapi bisa untuk silaturahmi online. Silaturahmi online dapat kita laksanakan dari tempat perantauan, jadi teman-teman yang tidak bisa mudik jangan bersedih hati ya.

SILATURAHMI Online LEWAT Video call group

Sobat Damai yang rindu orang tua dan saudara, bisa manfaatkan fitur video call yang ada di platform berkirim pesan. Contohnya adalah WhatsApp, Line, dan bisa juga pakai Google Meet. Sobat Damai bisa bikin janji buat video call ketika makan opor dan ketupat bersama. Kalau ada yang kangen sama suasana rumah dan lingkungan sekitar, bisa tuh minta tolong orang tua jalan-jalan di lingkungan sekitar.

Ketika kita bisa saling menyapa walaupun jaraknya jauh, kita akan merasakan kebahagiaan. Tentunya, kita juga bersyukur serta berharap semoga di momen Lebaran tahun depan keadaan semakin membaik. Di momen ini, kesehatan dan kebersamaan dengan orang terdekat sangatlah berharga.

memanfaatkan fitur video call

Berkirim HAMPERS dan THR

Sebelum hari raya Idul Fitri, banyak dari kita yang saling berkirim hampers. Masing-masing dari kita memiliki kesukaan untuk mengisi hampers. Ada yang mengisi dengan kue kering, supaya bisa menghidangkannya saat lebaran tiba. Ada yang lebih memilih mengirimkan hampers berisi barang seperti kerudung atau baju baru. Beberapa orang memilih membuat hampers sendiri sambil berkreasi, tetapi ada juga yang memilih untuk membeli supaya lebih praktis dan cepat sehingga bisa langsung mengirimkan pada kerabat terdekat.

Untuk THR, walaupun berjauhan kita bisa memanfaatkan perbankan dan juga dompet digital. Mengirimkan THR untuk saudara-saudara akan membuat mereka bahagia. Sekarang pun, ada pilihan mengirim voucher atau giftcard di marketplace dengan berbagai pilihan nominal. Apa pun pilihannya, kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penerima.

Baca Juga : Kamawakan: Pengabdian dan Harapan

BERTUKAR KARTU UcapaN DIGITAL

Kita dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat kartu ucapan dari situs-situs gratis seperti Canva. Untuk bertukar kartu lebaran, kita dapat mengirimkannya lewat pesan atau pun email. Banyak template yang bisa kita kreasikan semenarik mungkin. Alternatif lainnya, kita dapat membuat video ucapan selamat lebaran dan upload di sosial media milik kita. Dengan adanya ucapan digital, kita tetap dapat bertegur sapa dengan saudara dan kerabat. Kita juga tidak kehilangan nuansa lebaran walaupun tidak bisa berjumpa secara fisik.

Jadi, silaturahmi tetap bisa kita laksanakan tanpa mengurangi kehangatan dan suasan lebaran.

MAKNA YANG SEBENARNYA

Idulfitri merupakan momen kemenangan kita sesudah berpuasa satu bulan lamanya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengisi Idulfitri tidak hanya dengan perayaan-perayaan belaka. Namun, mengisinya dengan penuh rasa syukur dan kembali ke fitri seperti membuka lembaran baru dalam kehidupan kita. Menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya dan mencoba saling memafkan supaya tidak ada rasa iri dengki di dalam hati. Momen Idulfitri dapat kita gunakan untuk lebih mengingat Sang Pencipta sekaligus merefleksikan kehidupan yang sudah kita lewati. Tidak lupa teriring doa-doa memohon untuk kesatuan dan perdamaian bangsa. Semoga masyarakat kita dapat saling tolong menolong demi kesejahteraan bersama.

Selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga keberkahan dan perlindungan-Nya selalu meneyertai umat manusia.

Sumber gambar :

https://whatsnewindonesia.com/surabaya/ramadan-hampers-online-shops-in-surabaya/

https://techno.okezone.com/read/2018/07/31/207/1929708/whatsapp-resmi-hadirkan-fitur-video-call-group

Share this post

Comments (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *