Tujuan Regenerasi Duta Damai Yogyakarta

Regenerasi

Tujuan Regenerasi Duta Damai Yogyakarta

Sleman – Pusat Media Damai (PMD) yang bernaung di bawah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) selesai melaksanakan kegiatan regenerasi dan pengukuhan Duta Damai Yogyakarta (DDY). Acara ini berlangsung pada hari Rabu hingga Jumat (16-18 Juni 2021). Mengambil lokasi di Griya Persada Convention Hotel & Resort Kaliurang.

Acara ini bertajuk “Regenerasi Duta Damai Dunia Maya Regional D.I. Yogyakarta melalui Asistensi bidang Penulisan, DKV, dan IT. Dalam Rangka Pencegahan Terorisme”. Acara ini manghadirkan beberapa narasumber yakni antara lain Direktur BNPT Brigjen Pol R. Ahmad Nurwakhid, Dr. Suaib Tahir, Lc. MA selaku staf BNPT, Pejabat PMD dan juga pejabat dari FKPT.

Regenerasi
Regenerasi Duta Damai

Acara Regenerasi Duta Damai ini bertujuan untuk memberi asupan dan pengetahuan komprehensif kepada para calon Duta Damai supaya dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh radikalisme dan terorisme. Sebagaimana yang kita tahu bahwa radikal terorisme saat ini marak terjadi.

Keberagaman Indonesia Adalah Anugerah

R. Ahmad Nurwakhi menuturkan, “Indonesia ini Negeri yang sangat berpotensi terjadinya konflik terbesar di dunia”. Beliau juga mengatakan bahwa dengan adanya Regenerasi DDY ini bertujuan untuk memangkas paham-paham radikal dan terorisme, terutama yang berkedok keagamaan.

Selain itu, Pak Suaib sebagai staf BNPT juga megatakan, “Narasi dalam propaganda kelompok radikal terorisme di faktorisasi oleh sebuah kelompok yang selalu terdzolimi. Umat yang selalu merasa diserang. Menganggap asing sebagai ancaman. Selalu berpandangan intoleransi dan memainkan isu SARA. Serta selalu mengaitkan kelompok dengan benturan identitas”.

Eksistensi Duta Damai Yogyakarta

Duta Damai Yogyakarta sendiri sudah terkenal sejak 2016 sebagai salah satu platform untuk menyatukan keberagaman baik dari sisi agama, suku, budaya, dan lain sebagainya. Maka, dengan adanya regenerasi DDY ini harapannya mampu menyatukan keberagaman tersebut. Melalui wadah media sebagai pusat penyebaran nilai-nilai kedamaian dan kebenaran.

Berkaitan dengan hal itu, mengutip dari diy.kemenag.co.id menerangkan bahwa kehidupan bangsa yang majemuk tak lepas dari beragam gesekan sosial karena adanya suatu hal yang berbeda dari sudut pandang, terutama agama. Hal ini akan menggangu kedamaian masyarakat.

Oleh karena itu, harapannya anggota DDY dapat menjadi agen-agen perdamaian baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Dari acara regenerasi ini juga, segenap pihak BNPT dan panitia mengharapkan nantinya Duta Damai akan mampu mempromosikan kedamaian, mengajak kebajikan, serta tidak terpapar paham radikalisme dan terorisme. Dengan keberagaman dalam agama, akan menjadi sebuah moderasi beragama. Berarti merujuk pada sikap mengurangi kekerasan. Maupun menghindari hal ekstrim dalam cara pandang, sikap, dan perbuatan.

Share this post

Comments (3)

  • Denys Reply

    Semoga regenerasi ini semakin menambah konten2 positif di media sosial terutama.

    21 Juni 2021 at 5:03 am
    • Yoga Dirgantara Reply

      Aamiin.. Bismillah ya, kita massifkan konten² bermanfaat di media maya ini.

      21 Juni 2021 at 5:42 am
  • Laila Fajrin Reply

    Mabtapp

    21 Juni 2021 at 5:24 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *