Duta Damai Yogyakarta Berbagi Damai

Duta Damai Yogyakarta Berbagi Damai
Ramadan kali ini beda dengan Ramadan sebelum-sebelumnya. Adanya Corona Virus membuat sebagian aktivitas nyaris lumpuh. Imbasnya kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Mulai dari pengurangan karyawan, PHK, sampai gulung tikar. Sebagian yang lain banting setir ke industri lain.

Di Yogyakarta sendiri terlihat pusat perbelanjaan dan toko-toko tutup untuk sementara waktu. Aktivitas di pasa juga jalan lebih lenggang dari biasanya. Para pedagang pasar tiban Ramadan tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Bahkan di beberapa titik mulai tidak ada lagi aktivitas tahunan ini. Hal ini tentu saja membuat sebagian masyarakat yang biasa menggantungkan diri dengan kegiatan ini kehilangan pendapatan.

Biasanya bulan Ramadan banyak kerjaan sambilan sekedar jualan takjil atau mendadak jadi pegawai/ kuli sementara waktu demi menambah penghasilan untuk tabungan lebaran. Sekadar uang untuk beli baju baru, beli biskuit dan bagi-bagi angpao.

Bagi-bagi takjil dan buka puasa di masjid pun sekarang dihentikan karena virus. Begitu pun bagi-bagi takjil di pinggir jalan terlihat semakin sedikit jika tidak ingin dibilang sepi. Padahal biasanya moment ini dipakai oleh saudara-saudara kita yang berlebih untuk berbagi kebaikan dan saudara-saudara yang membutuhkan memaknainya sebagai ‘perbaikan gizi’.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا


“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sadar akan situasi ini, maka  Duta Damai Yogyakarta mengadakan aksi Duta Damai Yogyakarta #BerbagiDamai.
Aksi ini dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Mei 2020 mulai pukul 15.00 hingga jelang buka puasa.
Berbagi damai merupakan aksi berbagi nasi kota untuk buka puasa yang diberikan oleh Duta Damai Yogyakarta dengan sasaran utamanya adalah para pemulung, tukang becak, tukang ojek online, penjual koran dan lainnya yang dirasa berhak mendapatkannya. Kegiatan amal ini sengaja mengambil rute Gejayan, Babarsari, Jl. Solo dan sekitaran Jl. Kusumanegara.

Aksi ini memang baru pertama kali dijalankan oleh Duta Damai Yogyakarta. Kedepan bahkan dalam waktu dekat akan diadakan lagi aksi serupa dengan sasaran sama namun lokasi yang berbeda. Harapannya agar bisa merata dan bisa memetakan seperti apa keadaan Yogyakarta hari ini.

Tidak menutup kemungkinan Duta Damai Yogyakarta akan membuka open donasi dan kerjasama dengan pihak-pihak lain. Apakah Anda tertarik untuk ikut serta?

Related Post

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *