free page hit counter

Hal Tidak Wajar Dalam Hubungan, Waspada

Hal Tidak Wajar Dalam Hubungan, Waspada

Contents

Waspada Hal Tidak Wajar Dalam Hubungan

Setelah kemarin kita membahas hal yang wajar maka saatnya kali ini kita bahas hal tidak wajar dalam hubungan. Kenapa harus membahas ini? Karena ternyata masih banyak dari kita yang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

Hubungan tidak sehat itu bisa bermula dari hal tidak wajar dalam hubungan itu sendiri. Sayangnya tidak semua dari kita memahami sebatas mana wajar atau tidaknya. Belum lagi upaya-upaya untuk maklum dengan alasan setiap orang punya kekurangan.

Iya benar memang adanya kalau tidak ada yang sempurna. Benar kalau setiap kita pasti juga punya kekurangan. Tapi untuk menormalisasikan hal tidak wajar dalam hubungan hanya akan berakibat ledakan perasaan emosi pada akhirnya.

Kita perlu tahu hal tidak wajar itu agar bisa memutuskan untuk bertahan atau bebas. Kalau memang sudah tidak sanggup dengan ketidak wajaran itu, mundur ada kalanya adalah jawaban yang tepat. Tapi semoga saja kalian tidak sedang dalam hubungan tidak sehat ini.

Berikut hal tidak wajar dalam hubungan yang sebaiknya kamu waspadai.

Membiarkan Konflik Berlarut

Tidak Wajar Dalam Hubungan salah satunya membiarkan konflik berlarut-larut dan tidak menyelesaikannya  dengan cara sehat. Kalau kamu dan pasangan kamu sering membiarkan konflik berlarut tanpa berusaha mencari solusi, kamu perlu waspada. Bukan hanya pasangan kamu tapi juga kamu, setiap ada masalah sebaiknya segera duduk bareng lalu mencari solusinya. Jangan justru malah kabur dan membiarkan konflik itu semakin membesar dan tidak tahu bagaimana mencari solusinya.

Sering menahan perasaan, gampang meledak-ledak dan selalu reaktif

Dalam hubungan sehat sebaiknya saling terbuka. Tidak perlu sungkan. Setiap hal bisa dibicarakan sebelumnya. Jika setuju maka lakukan sesuai dengan kesepakatan. Tidak perlu saling menahan perasaan. Saat sedih ungkapkan jika sedih. Saat marah juga bilang marah. Jangan sampai pura-pura tegar tapi akhirnya meledak di belakang karena tidak kuat. Hai, perasaan juga butuh kewarasan.

Tidak Wajar Dalam Hubungan Jika Selalu Mencari Siapa Benar Siapa Salah

Selalu mencari siapa yang benar siapa yang salah dan selalu merendahkan perasaan atau sudut pandang dari pasangan. Mencari siapa yang salah siapa yang benar tanpa berusaha introspeksi diri bukanlah hal yang lumrah. Harusnya jika memang melakukan kesalahan, harus berani minta maaf. Begitu sebaliknya yang tidak melakukan kesalahan tidak perlu terus menyalahkan.  Cukup saling mengerti.

Merendahkan pasangan adalah salah satu bentuk hubungan tidak sehat. Jika bertemu dengan pasangan yang sering merendahkan baik di depan umum maupun saat berdua saja, segera evaluasi apakah ini hubungan yang kamu mau?

Selalu Menyangkal dan Selalu Menuntut

Selalu menyangkal kesalahan dan menuntut orang lain untuk mengerti bukan hal wajar dalam hubungan. Tidak mau belajar dan terus mengulangi kesalahan yang sama pasti akan membuat hubungan jadi tidak sehat. Apalagi kalau sudah saling merasa benar. Tidak mau mengakui kesalahan yang tercipta adalah awal dari bencana. Sebagai pasangan memanglah benar untuk saling pengertian. Tapi jika pasangan kamu tidak mau mengerti kamu, maka segeralah ambil langkah tegas.

Takut Akan Penolakan

Jika punya keinginan selalu menuntut untuk dituruti atau jika punya keinginan tidak mau mengutarakan karena takut ditolak juga merupakan hal tidak wajar dalam hubungan.

Kamu takut mengutarakan sesuatu? Takut pasangan kamu akan menolaknya? Atau pasangan kamu selalu menginginkan semua permintaannya kamu turuti? Fix kamu sedang dalam hubungan tidak wajar. Hubungan tidak sehat yang jika maksa terus maka tidak akan ketemu titik bahagia. Yang ada justru tekanan demi tekanan. Jika tekanan ini terus dibiarkan bisa jadi menimbulkan depresi.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *