Peran BNPT Dalam Penanggulangan Terorisme

BNPT

Peran BNPT Dalam Penanggulangan Terorisme

Eksistensi BNPT sempat dipertanyakan karena dianggap kurang memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa peran BNPT dalam penanggulan terorisme itu nyata.

Dewasa ini aksi terorisme semakin marak terjadi ditengah kehidupan masyarakat. Aksi terorisme muncul dan terjadi secara bergantian pada waktu dan tempat yang berbeda-beda.

Baru-baru ini, muncul kembali kasus di Indonesia antara lain peledakan bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, penyerangan helikopter di Papua, dan ada juga aksi pembantaian oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora, yang menewaskan empat orang warga Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

BACA JUGA: Pancasila Cerminan Ajaran Kitab Suci?

Peran dan Fungsi BNPT Terhadap Kasus Terorisme

BNPT Terorisme
Photo via: BNPT

Dari berbagai peristiwa yang sudah disebutkan diatas bahwasanya kita perlu mewaspadai ancaman nyata dari bahaya terorsime maka dari itu peran danfungsi BNPT sangat penting dalam penagnggulangan Terorisme.

 Sesuai amanat UUD tahun 1945 nomer 5 tahun 2018 tentang pemberantasan kasus terorisme maka perlu dibentuknya BNPT untuk menanggulangi kasus terorisme yang ada.

Keberadaan BNPT merupakan  reperetasi dari masyarakat dalam melawan kasus kejahatan kemanuasiaan dan teror yang diakibatkan oleh kelompok teroris.

BACA JUGA: Ajaran Kebaikan Dalam Pepatah Minang

Terorisme merupakan suatu ideologi yang lahir sebagai ancaman yang dapat mengurangi rasa nasionalisme bangsa. Usaha preventif untuk melawan terorisme yang ada di indonesia selalu dilakukan oleh BNPT melalui berbagai program yang sudah direncanakan.

Salah satu program utama pencegahan terorisme, kesiapsiagaan nasional tentunya tidak dapat terwujud melalui upaya sepihak pemerintah saja, namun perlunya keterlibatan dari berbagai lapiasan masayarakat untuk mencegah maraknya aksi terorisme.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *