Live Music Concert Duta Damai Yogyakarta 2020 | Hari Perdamaian Dunia

Live Music Concert

Live Music Concert Duta Damai Yogyakarta merupakan event konser musik digital Duta Damai pertama yang diselenggarakan dalam bentuk digital melalui platform Youtube. Kegiatan ini akan melibatkan musisi lokal Yogyakarta yaitu Mitty Zasia dan kolaborasi Duta Damai seluruh Indonesia.

Pada momen besar ini, Live Music Concert Duta Damai Yogyakarta memiliki tema ”Konser Hari Perdamaian Dunia”. Rangkaian acara yang berlangsung selama 60 menit ini akan disiarkan dari Kedai WOWA Yogyakarta pada tanggal 27 September 2020. Live Music Concert ini dapat disaksikan oleh pemirsa secara langsung melalui channel Youtube Duta Damai Yogyakarta mulai pukul 16.00 sampai 17.00 WIB.

Meskipun berpusat di Yogyakarta namun kegiatan ini juga akan disemarakkan dari berbagai daerah lain oleh Duta Damai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, dalam acara ini juga akan diadakan sesi diskusi atau dialog seputar isu perdamaian yang tentunya dapat menambah wawasan kita tentang pentingnya merawat kebhinekaan. Tujuan diselenggarakan acara ini selain sebagai sarana edukasi digital juga merupakan upaya pengenalan Duta Damai Yogyakarta kepada generasi milenial khususnya yang tertarik untuk bergabung bersama Duta Damai Yogyakarta.

“Rencananya Live Music Concert ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2020 melalui channel Youtube Duta Damai Yogyakarta. Acara akan berlansung sekitar 60 menit dari mulai pukul 16.00-17.00 WIB,” Ungkap Muhammad Hudallah, Koordinator Acara Live Music Concert Duta Damai Yogyakarta 2020.

Duta Damai sebagai insiator event live music concert ini merupakan wadah bagi pemuda-pemudi yang peduli terhadap isu-isu perdamaian di media digital. Aktivitas Duta Damai selain aktif membuat berbagai narasi perdamaian di media sosial juga turut mengadakan berbagai kegiatan lapangan sebagai aksi nyata dan upaya untuk menyampaikan pesan-pesan perdamaian kepada masyarakat secara langsung. Duta Damai Yogyakarta yang merupakan bagian dari Duta Damai di seluruh Indonesia pertama kali dibentuk pada 25 Juli 2016.  

Sebagai wadah partisipasi aktif,  Duta Damai Dunia Maya merupakan organisasi yang terdiri dari pemuda-pemudi dengan semangat perdamaian juga berbekal kompetensi di bidang Informasi dan Teknologi (IT), Desain Komunikasi Visual (DKV) dan menulis (Blogger). Duta Damai dibentuk dengan tujuan  untuk membangun kepedulian, mengajak partisipasi dan membentuk komunitas anak muda penggiat dunia maya untuk terlibat dalam menangkal propaganda ideologi radikal terorisme dan menyebarkan pesan-pesan perdamaian di dunia maya.

Adanya kemajuan informasi dan teknologi (IT) yang akhirnya melahirkan kecanggihan komunikasi melalui internet/dunia maya merupakan suatu hal positif. Namun hal tersebut juga menjadi media yang dapat disalahgunakan oleh kelompok radikal terorisme sebagai sarana penyebaran konten negatif dan kekerasan.

Sebagai bentuk pencegahan terhadap kemungkinan penyalahgunaan IT, maka dalam hal ini tugas pokok bagi relawan Duta Damai Dunia Maya yaitu mengelola website dan media sosial komunitas untuk menyebarkan pesan-pesan positif, perdamaian dan kebangsaan sebagai upaya meminimalisirkan hingga menangkal terjadinya penyalahgunaan kecanggihan komunikasi di dunia maya tersebut.

Selain itu, ditambah adanya kegiatan offline yang diinisiasi oleh Duta Damai di seluruh Indonesia dengan melakukan jejaring bersama pemerintah daerah dan organisasi kemasyarakatan untuk melaksanakan kegiatan literasi media kepada masyarakat khususnya generasi muda, diharapkan gagasan dan nilai-nilai perdamaian itu dapat tersampaikan secara utuh.

Dalam tujuan meningkatkan peran Duta Damai Dunia Maya khususnya di tengah situasi pandemi seperti saat ini, maka peringatan Hari Perdamaian Dunia akan menjadi momentum yang tepat untuk  mengadakan Live Music Concert sebagai upaya menyampaikan pesan perdamaian di tengah Masyarakat. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *