Resolusi Perdamaian Di Tengah Pandemi

Resolusi Perdamaian

Resolusi Perdamaian Di Tengah Pandemi

Apakah kamu pernah mendapat pertanyaan semacam

“APA RESOLUSIMU Di TAHUN 2021?”

Saya yakin satu di antara kita pasti pernah membuat resolusi di tahun baru. Sebelum pergantian malam tahun baru, biasanya orang mulai menyusun rencana dan target yang akan mereka capai di satu tahun ke depan. Namun di tahun 2021 ini akan menjadi momen yang berbeda dengan tahun yang sebelumnya. Tentu saja berbeda, siapa yang akan mengira bahwa pandemi akan berlanjut sampai sudah berganti tahun?

Di tahun 2021 ini masyarakat mulai berbenah. Menata kembali hidup dengan mencoba tidak mengusik covid. Hidup harus berlanjut meski dalam pandemi. Tahun ini menjadi tahun yang istimewa karena ramai-ramai kita hidup dengan tata cara hidup yang baru atau biasa kita sebut new normal.

Apa Itu Resolusi?

Resolusi adalah sebuah keinginan yang diharapkan oleh seseorang di satu tahun yang akan datang. Sebetulnya Resolusi ini bisa di mulai kapan saja dan tidak harus di malam pergantian tahun baru. Namun orang cenderung menganggap momen tahun baru itu sendiri sebagai starting point untuk memulai target yang baru di tahun mendatang. Resolusi ini biasanya berupa  harapan, target atau capaian yang ingin diraih seseorang di satu tahun ke depan. Bentuk resolusi itu sendiri juga sangat beragam, misalnya saja Tahun 2021 harus diet, Tahun 2021 harus punya mobil dan rumah, Tahun baru 2021 harus menikah, dsb.

Seperti yang kita tahu di tahun 2020 pandemi covid-19 sudah menyebar secara luas, semua orang berharap di tahun 2021 setidaknya akan ada hal baik yang  terjadi. Sayangnya harapan tersebut masih jauh dari angan sebab pandemi covid-19 nyatanya masih berlanjut. Pada akhir 2020 kita semua berharap semoga pandemi berakhir, semoga grafik penyebaran covid mulai menurun, semoga vaksin segera rilis dan harapan yang lainnya.

Sayangnya hal ini berbanding terbalik dengan fakta yang ada dan justru baru terhitung beberapa hari setelah tahun baru 2021, banyak hal mengejutkan lainnya. Kita mulai tahu bahwa beberapa hari setelah tahun baru 2021 mulai banyak terjadi musibah, bencana alam dan berita duka lainnya. Walaupun harapan tersebut seakan tidak mungkin terjadi tetapi semua orang tentunya  boleh berharap mengenai hal baik di masa depan.

Kenapa Resolusi Itu Penting?

Walaupun setiap tahun banyak orang membuat resolusi yang sama. Namun anehnya banyak dari mereka mengalami kegagalan dengan alasan yang sama dan fase itu berulang setiap tahunnya. Cukup aneh juga ketika banyak orang membuat resolusi, padahal setelah perayaan tahun baru selesai, banyak orang yang lupa, atau menyerah begitu saja di pertengahan tahun atau bahkan sehari setelah pergantian tahun. Membuat resolusi itu antara perlu dan tidak. Perlu karena ada harapan seberapa pun kecilnya kemungkinan untuk mewujudkan resolusi tersebut. Tidak perlu karena kadang kala kita sudah melupakannya dalam sekejap.

Baca juga Skill dan Network Dalam Berorganisasi

Jikalau harapan itu baik maka hasilnya juga akan baik dan begitupula sebaliknya. Sangatlah penting bagi sebagian orang punya resolusi karena resolusi adalah cerminan masa lalu untuk bisa maju ke masa depan. Yang terjadi di masa lalu bisa kita jadikan pelajaran sehingga kita bisa mengambil langkah yag tepat di masa yang akan datang.

Pada dasarnya resolusi itu mengarahkan pada sebuah target atau tujuan, ketika tujuan itu jelas kita juga mengerti strategi yang harus digunakan. Alasan yang terakhir, resolusi itu membuat connetion of community. Berkat persamaan resolusi membuat setiap orang yang punya tujuan sama bergabung menjadi sebuah komunitas, sebagai contoh Duta Damai. Maka wajar jika resolusi perdamaian kini menjadi tujuan banyak individu dan kelompok.

Resolusi Perdamaian 2021

Kita tidak pernah tahu seperti apa kesulitan yang hadir setiap harinya. Kita hanya bisa bersyukur masih ada yang mendapatkan keberuntungan di tahun ini. Pandemi membuat banyak keresahan dan kesedihan. Kita telah mendengar banyak karyawan yang harus mengalami pemutusan hubungan kerja, banyak orang yang baru mulai bisnis tapi harus gulung tikar, banyak anak yang harus putus sekolah.

Tapi berkat pandemi juga kita tahu bahwa masih banyak rasa kasih di antara sesama. Resolusi perdamaian perlu lebih hebat. Hari ini kita bisa lihat banyak tangan saling menyatu. Banyak orang melakukan aksi sosial untuk membantu teman kita yang hidupnya mengalami kesulitan. Untuk kasus pandemi, tahun itu tidaklah lebih baik dari tahun sebelumnya. Tapi kita boleh menyerah dan berdoa saja semoga tahun ini menjadi tahun  keberuntungan banyak orang. Tetap menebarkan kedamaian sekalipun dunia sedang tidak damai. Mengutip dari pesan Merry Riana bahwa:

“hidup itu adalah sebuah perjuangan yang harus dimenangkan. tantangan yang harus dihadapi. dan hidup itu anugerah wajib syukuri”.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.