Perpustakaan Nasional Akses Untuk Semua

Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional Akses Untuk Semua

Perpustakaan adalah salah satu tempat yang memanjakan mata bagi para pecinta buku. Kita dapat menemukannya dengan mudah di banyak tempat. Ada perpustakaan di sekolah, yang menjadi kesukaan para siswa ketika jam istirahat berbunyi. Selain itu, ada di daerah yang biasanya milik pemerintah daerah masing-masing. Bagi para pecinta buku, perpustakaan adalah tempat yang sangat menarik.

Nah, Sobat Damai sudah tahu belum kalau kita punya Perpustakaan Nasional lho! Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau orang-orang biasa memberi singkatan “Perpusnas” adalah milik Negara Republik Indonesia yang terletak di ibukota negara, DKI Jakarta. Oh iya Perpusnas ini berdiri tanggal 17 Mei 1980 lho, jadi baru saja Perpusnas merayakan ulang tahunnya ke-41 bulan lalu.

Bangunan dari Perpustakaan Nasional ini memiliki 27 lantai dengan banyak layanan di dalamnya. Para pengunjung dapat mengakses banyak layanan di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah layanan buku langka dan layanan multimedia. Pengunjung pun tidak perlu merasa khawatir karena terdapat musala di dalam gedung Perpusnas. Walaupun bangunan Perpusnas berada di Jakarta, tetapi kita yang berada di luar Jakarta pun tetap bisa merasakan layanan dari Perpusnas.

BACA JUGA :Tujuan Regenerasi Duta Damai Yogyakarta

Layanan Online Perpustakaan Nasional

Di era digital seperti saat ini, banyak kemudahan yang dapat kita peroleh. Salah satunya adalah dengan munculnya e-book atau buku digital yang memungkinkan kita untuk membaca buku dengan mudah. Berbeda dengan buku fisik, e-book dapat kita akses melalui perangkat yang kita punya. E-book memang memudahkan kita untuk menikmati bahan bacaan, tetapi jangan lupa untuk membaca e-book yang legal.

Perpusnas memberikan akses berupa kemudahan untuk mencari bahan bacaan. Salah satu kemudahan tersebut dapat kita temukan dalam aplikasi iPusnas untuk android dan dekstop. Terdapat banyak bacaan yang bisa kita nikmati. Berikut ini terdapat beberapa informasi untuk Sobat Damai yang tertarik untuk mencari referensi di iPusnas.

Langkah awal kita harus mengunduh untuk dekstop di sini. Setelah itu, kita wajib melakukan registrasi terlebih dahulu.

TAMPILAN AWAL
Tampilan awal perpustakaan nasional online
Tampilan awal untuk versi dekstop.

Setelah masuk kita dapat melihat daftar buku-buku yang tersedia melalui kolom pencarian.

pilihan buku pada perpustakaan nasional online
Tampilan menuju peminjaman buku.

Setelah menemukan buku yang kita inginkan, waktunya “klik” pada tombol pinjam buku. Eitss.. Tunggu dulu, kalau bukunya sedang habis maka terdapat tulisan 0 copy dan kita harus antre terlebih dahulu ya. Sambil menunggu, kita dapat memilih buku lain yang masih tersedia. Akan ada ulasan dari pembaca lain juga yang akan membantumu agar tidak bingung ketika akan memilih buku, lho. Asyik banget kan.

Buku yang berhasil dipinjam dari perpustakaan online
Tampilan ketika buku berhasil dipinjam.

Ketika sudah beberapa hari, buku tersebut akan hilang. Lho mengapa hilang ? Karena untuk bergantian dengan peminjam yang lain. Namun, jangan khawatir ! Kita bisa melakukan peminjaman ulang. Keren banget kan, Sobat Damai ? Buku yang tersedia banyak sehingga kadang membuat bingung mau membaca yang mana dulu. Sobat Damai, jangan lupa untuk tetap berada di rumah saja apabila tidak ada keperluan yang mendesak ya. Kalau merasa bosan, kan bisa baca buku lewat iPusnas. Nantikan tulisan menarik lainnya di blog Duta Damai Yogyakarta.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *