Rakornas Duta Damai Dunia Maya BNPT Tahun 2020

Mayjen TNI Paruhuman Lubis
Duta Damai

Denpasar, seperti tahun sebelumnya setelah sekian waktu dibentuk, komunitas Duta Damai Dunia Maya BNPT melakukan rapat koordinasi nasional. Rakornas kali ini di adakan di Hotel Prama Sanur beach Denpasar Bali, diikuti oleh kurang lebih 130 Duta Damai dari 13 kota di Indonesia. Di mulai sejak tanggal 4-6 Maret 2020.

Rakornas Duta Damai kali ini dihadiri pula oleh Kasubdit Kontra Propaganda Kol. Pas. Drs. Sujatmiko dan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Paruhuman Lubis. Dalam sambutannya, Mayjen TNI Paruhuman Lubis menekankan bahwa Duta Damai mengemban tugas penting sebagai penggerak literasi masyarakat khususnya generasi muda sebayanya.

Duta Damai bukanlah organisasi politik bukan pula nonprofit. Duta Damai harus menjadi corong edukasi untuk mencerahkan masyarakat agar cerdas dalam mencari informasi, bijak dalam berkomunikasi dan berinteraksi di dunia maya.

Kehadiran Duta Damai dibentuk tidak untuk melawan narasi radikal. Melainkan hadir untuk membentengi generasi muda agar tidak mudah terpengaruh narasi kekerasan. Salah satu caranya yaitu dengan membanjiri dunia maya dengan konten-konten positif yang beraroma perdamaian.

Agenda tahunan ini tidak hanya acara selebrasi mengumpulkan Duta Damai. Namun juga menyusun program kerja pula membahas tentang perban (peraturan badan). Perban ini adalah awal dari perjalanan baru Duta Damai. Akan menjadi satu hukum yang mengikat sekaligus melindungi ruang gerak Duta Damai.

Di peraturan badan yang telah disahkan tersebut, Duta Damai memiliki prinsip: sukarela, non-profit, berintegritas, support group, independen. Duta Damai hadir sebagai pendukung terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh BNPT. Khususnya terkait dengan kampanye damai. Baik itu kampanye di dunia maya maupun kegiatan offline dibanyak kota di Indonesia. (min)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *