Temu Perdana dan Upgrading Divisi Blogger

Temu Perdana Duta Damai

Temu Perdana dan Upgrading Divisi Blogger

Temu Perdana dan Upgrading Blogger DDY

Temu Perdana Tim Penulis DDY

Divisi Blogger Duta Damai Yogyakarta telah melaksanakan temu perdana dan upgrading di tengah pandemi Covid-19. Walaupun dengan adanya pandemi banyak kegiatan yang terbatas, tetapi tetap tidak menyurutkan langkah kami dalam menyebarkan pesan perdamaian.

Walaupun sudah satu tahun pandemi Covid-19 melanda, anggota Divisi Blogger Duta Damai Yogyakarta telah melakukan upgrading bersama di Kedai Kopi Kampung Ambarukmo pada hari Minggu, 21 Maret 2021 dengan konsep acara yang santai supaya bisa mengakrabkan sesama anggota tetapi tetap serius supaya materi yang kami dapatkan bisa bermanfaat.

Delapan belas anggota blogger mengikuti temu perdana dan upgrading secara offline, namun beberapa anggota lainnya mengikuti secara online karena masih ada yang berada di luar Kota Yogyakarta dan belum bisa kembali.  Namun, kami tetap bersyukur dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat.

Kak Mini, Kak Huda, dan Kak Bennartho (Koordinator Divisi Blogger) membuka dan memberikan pengantar serta sambutan untuk mengawali pertemuan. Upgrading pertama kami berisi pemaparan materi dari Bapak Sutanto Prabowo. Pemaparan tersebut berisi tentang dasar-dasar SEO (Search Engine Optimazion). SEO merupakan upaya untuk mengoptimasi website supaya mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Pada saat upgrading, Pak Bowo menjelaskan bahwa ada beberapa poin penting yang perlu mendapat perhatian ketika kita akan melakukan optimasi pada website.

Poin-Poin Penting dari SEO

Pertama, Pak Bowo menyampaikan bahwa riset keyword untuk menentukan kata kunci apa yang cocok sangatlah penting. Hal ini penting karena dapat berpengaruh pada performa blog dalam kolom pencarian. Kedua, maksud pencarian contohnya apabila kita mengetik kata “bola” pada kolom pencarian. Ada dua peluang untuk mencari sesuatu yang berhubungan dengan bola. Pembaca bisa mencari berita tentang pengertian dari bola yang bersifat informatif tentang benda yaitu bola atau pencarian berita tentang isu hangat pertandingan sepak bola yang sedang terjadi. Kami mendapatkan fakta ternyata banyak orang lebih menyukai berita tentang pertandingan bola. Keempat, Pak Bowo juga menginformasikan pada kami tentang tips-tips dasar untuk membuat konten dalam website menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Baca Juga : Pemuda, Media Sosial dan Sumpah Pemuda

Setelah pemaparan materi dari Pak Bowo, kami berdiskusi bersama membicarakan keresahan kami selama menulis untuk mengisi konten di website Duta Damai Yogyakarta selagi kami masih bisa berkumpul dalam satu ruangan. Beberapa dari kami menyukai deadline ketika menulis, tetapi ada juga yang memilih fleksibel saja asalkan dapat bertanggung jawab untuk menulis minimal satu tulisan dalam satu minggu. Kami memiliki latar belakang berbeda-beda dalam hal menulis, ada yang suka menulis opini terhadap suatu hal yang sedang ramai, ranah entertainment, berita tentang dunia olah raga, pengembangan diri, berdasarkan pengalaman masing-masing individu, dan juga ada yang menyukai tulisan yang menginspirasi. Hal tersebut membuat tulisan yang tayang pada website Duta Damai Yogyakarta semakin beragam dan dapat menebarkan kebermanfaatan seluas-luasnya untuk pembaca.

Harapan Blogger DDY

Selain keresahan di atas, ada juga anggota yang memberikan aspirasi untuk Duta Damai Yogyakarta, tidak hanya menulis hasil pemikirannya saja, tetapi bisa berkolaborasi dengan sesama anggota divisi blogger. Kita dapat mendiskusikan banyak hal sehingga memperkaya pemikiran dan gagasan baru. Selain itu, terdapat saran supaya Duta Damai Yogyakarta dapat mengunjungi komunitas-komunitas pegiat perdamaian yang ada di sekitar daerah Yogyakarta. Hal ini untuk saling bertukar informasi dan sebagai bahan diskusi dengan pihak eksternal. Belanja Konten pun dapat menjadi alternatif.

Harapannya, kegiatan upgrading dan temu bersama Divisi Blogger ini dapat terlaksana secara rutin satu bulan sekali. Sehingga selain bertujuan untuk menjalin keakraban sesama anggota, juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam penulisan. Setelah kurang lebih empat jam kebersamaan kami,  Kak Ben memberi closing statement dan menjelaskan apabila ada saran atau keresahan bisa saling berbagi melalui pesan singkat di grup WhatsApp. Akhirnya hari semakin sore dan selesai sudah temu perdana kami hari ini.

Jangan lupa untuk terus baca update tulisan di website ini. Akan banyak cerita seru setiap harinya.

Share this post

Comments (2)

  • Ben Reply

    Cukup menarik materi SEO minggu ini meskipun masih banyak elemen-elemen lain yang belum dibedah semoga kita bisa mendiskusikannya lain waktu👍

    23 Maret 2021 at 2:28 am
  • Margaretha Reply

    Keren banget nih!!
    Semoga materi yang di sampaikan bisa semakin menambah ilmu

    23 Maret 2021 at 9:21 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *